3 Oktober 2017 12:36 pm

Jenis dan Fungsi Mata Gurinda

Jenis dan Fungsi Mata Gurinda
Mesin gerinda memiliki fungsi yang hampir sama dengan alat-alat tangan kerja otomotif. Gerinda adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghaluskan benda kerja atau untuk mengasah mempertajam benda seperti pisau, golok dan senjata tajam lainnya.

Sebagai pengguna kita harus memperhatikan dalam menggunakan mesin gerinda, untuk batu gerinda dengan permukaan kasar digunakan pada waktu awal, dan untuk batu gerinda dengan permukaan halus digunakan untuk menghaluskan atau pengasahan mata bor.

Batu gerinda banyak digunakan di bengkel-bengkel pengerjaan logam. Batu gerinda sebetulnya juga menyayat seperti penyayatan pada pisau milling, hanya penyayatannya sangat halus, dan tatalnya tidak terlihat seperti milling. Tatal hasil penggerindaan ini sangat kecil seperti debu.

Dari berbagai bentuk batu gerinda sebenarnya bahan utamanya hanya terdiri dari dua jenis pokok, yaitu butiran bahan asah/pemotong (abrasive) dan perekat (bond).Fungsi batu gerinda adalah sebagai berikut:
  1. Untuk penggerindaan silindris, datar dan profil.
  2. Menghilangkan permukaan yang tidak rata.
  3. Untuk pekerjaan finishing permukaan.
  4. Untuk pemotongan.
  5. Penajaman alat-alat potong.
Jenis-jenis dan Fungsi dari batu gerinda berbeda-beda dalam pemakaiannya, berikut fungsi dari beberapa jenisnya :

1. Mata Gerinda Asah (Grinding Wheel)

Mata batu gerinda atau biasa disebut dengan Grinding Wheel ini berfungsi untuk mengikis permukaan logam, baik pada besi, baja, maupun stainless steel.

2. Mata Gerinda Fleksibel (Flexible Disc)

Mata batu gerinda ini biasanya digunakan untuk mengikis permukaan logam khusus pada area-area yang terbatas/sempit. Mata Gerinda Fleksibel ini juga dapat digunakan untuk memotong logam, namun kelemahannya yang dihasilkan dari fungsi ini yaitu area yang terpotong akan lebih banyak atau lebar daripada dengan menggunakan batu gerinda potong.

3. Mata Batu Gerinda Potong (Cutting Wheel)

Sesuai dengan namanya, mata batu ini berfungsi untuk melakukan pemotongan pada media logam, baik untuk besi mildsteel, baja, hingga stainless steel, tentunya dengan menyesuaikan spesifikasi pada produk tersebut.

4. Sikat Gerinda (Steel Wire Brush)

Fungsi dari sikat gerinda adalah untuk membersihkan bagian-bagian permukaan logam dari adanya kotoran, seperti karat, kerak serta akibat proses oksidasi pada permukaan logam. Sikat gerinda ini juga berfungsi untuk mengelupas lapisan permukaan kulit luar kayu, dengan tujuan untuk menghilangkan lapisan tersebut.

5. Amplas Gerinda

Amplas gerinda ini memiliki dua jenis yaitu Amplas Gerinda Susun (Flap Disc) dan Amplas Gerinda Datar (Fibre Disc). Fungsi dari alat ini yaitu untuk mengikis permukaan, baik pada permukaan logam maupun pada permukaan kayu yang bertujuan untuk menghasikan finishing permukaan yang rata dan halus.

Amplas gurinda yang kami jual
Amplas gurinda yang kami jual

6. Pisau Potong Keramik (Diamond Wheel)

Pisau potong keramik ini memiliki dua jenis, yaitu jenis basah dan jenis kering. Sesuai dengan namanya pisau ini berfungsi untuk memotong keramik.

7. Gerinda Tembok (Diamond Turbo Wheel)

Fungsi dari gerinda ini adalah sebagai pengikis pada bidang permukaan semen, tembok, dan marble/granit yang bertujuan untuk menghasilkan permukaan yang rata dan untuk meratakan serta mengikia sisi dari granit untuk menciptakan lekukan sesuai pola yang diinginkan.

8. Pisau Kayu (Circular Saw)

Sesuai dengan namanya, pisau potong ini berfungsi untuk memotong kayu. Pada varian produknya, circular saw diciptakan dengan berbagai jumlah mata gerigi yang biasa disebut teeth.

9. Mata Gerinda Asah Spons (Grinding Wheel Sponge)

Mata gerinda asah spons memiliki fungsi yaitu, untuk menghaluskan dan mengkilapkan permukaan pada batu marmer/granit.

10. Mata Gerinda Asah Woven (Non Woven Nylon Wheel)

Seperti halnya dengan gerinda asah spons, gerinda asah woven juga berfungsi untuk menghaluskan dan mengkilapkan, namun perbedaannya adalah pada medianya. Jika gerinda asah spons untuk material bebatuan, maka untuk gerinda asah woven berfungsi untuk untuk mengikis serta mengkilapkan pada permukaan logam, khususnya pada Stainless steel dan Alumunium.

11. Polishing Pad & Kain Poles (Wool Polishing Bonnet)

Alat ini berfungsi sebagai pengkilap dari tampilan produk yang menggunakan cat clear coat.
Metode Pembayaran
Metode Pengiriman
Alamat
Jalan Binong Raya, Tangerang
089-538-590-5575
@2018 Toko Bangunanku Inc.